Sikap Istri yang Kasar Terhadap Suami

Posted by: on June 7, 2009
Tanya:
ass. pak ustad saya mau tanya mengenai sikap istri yang kasar thd suami terutama dalam perkataan yang sudah berkali2. saya menyikapi dengan sabar namun titik optimal kekecewaan saya istri saya melontarkan kata2 sangat tidak enak (saya sangat mencintai istri saya) namun dengan perkataan beliau pada saat itu saya benar2 tersinggung dan ini sudah seringkali terjadi melontarkan makian dan kata2 kasar kepada saya….mohon petunjuk pak ustad dan dalil nya ….tks

Jawab:
W.ass. Sifat kasar seorang isteri terhadap suaminya merupakan indikator keburukan akhlaqnya sekaligus bukti bahwa ia bukan wanita yang shaleh.Nabi saw. pernah bersabda (yang artinya):
“Sebaik-baiknya wanita — bagi suami — ialah yang menyenangkan ketika dilihat, patuh ketika diperintah, dan tidak menentang suaminya baik dalam hatinya, dan juga tidak membelanjakan (menggunakan) hartanya kepada perkara yang dibenci suaminya”
(H.R. Ahmad, An-Nasa-i dan Al-Hakim)
Oleh karena itu anda harus berusaha menasehati isteri anda ini, karena kalau dibiarkan dengan akhlaq buruk seperti itu, dampaknya sangat tidak baik bagi anda, yaitu do’a anda tidak akan dikabulkan oleh Allah, sebagaimana sabda Nabi saw  (yang artinya).:
“Ada tiga golongan yang berdo’a kepada Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung, namun tidak dikabulkan; yaitu seorang laki-laki yang mempunyai isteri yang buruk akhlaqnya dan ia tidak mau menceraikannya……………(dst.)”.

(H.R. Al-Hakim)
Filed Under: Tanya Jawab

Comments

  1. djoko says:

    Saya tertarik dengan bunyi hadits terakhir tentang 3 golongan yang berdo’a kepada Allah namun tidak dikabulkan… mohon arti haditsnya secara lengkap bang…