Shalat Istikharah

Posted by: on June 7, 2009

Tanya:

Assalamu’alaikum wr.wb. Bang Debby, saya ada beberapa pertanyaan menyangkut shalat istikharah : 1.Langkah apa yang harus dilakukan sebelum melaksanakan shalat istikharah..? Apakah harus menentukan satu pilihan terlebih dulu diantara beberapa pilihan yang ada ..? 2.Apakah ada bacaan surat tertentu yang dianjurkan dalam setiap rakaatnya..? 3.Kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan…? 4. Apakah shalat istikarah ini cukup dilakukan satu kali…? Mohon informasi lainnya yang berkaitan dengan shalat istikharah di bahasaan referensi-nya. Wassalamu’alaikum wr.wb.(Djoko Priambodo)

Jawab:

Istikharah dari segi bahasa artinya “minta dipilihkan”, maksudnya “minta bantuan kepada Allah untuk menetapkan sebuah pilihan yang tepat”. Karena menentukan pilihan yang tepat dalam segala urusan merupakan hal yang sulit, tidak mudah. Ditambah lagi dengan sifat subyetif manusia pada umumnya dalam menghadapi persoalan memilih. Oleh karena itu Islam mengarahkan manusia untuk melibatkan Allah SWT. dalam urusan ini agar memperoleh pilihan yang benar. Inilah salah satu keistimewaan ajaran Islam dalam hal memenuhi kebutuhan atau hajat hidup manusia.
1. Langkah pertama adalah bermusyawarah dengan orang-orang yang kompeten untuk menetapkan pilihan,sebagaimana ditegaskan oleh Syaikhul-Islam Ibnu Taymiyyah: “Tidak akan menyesal seorang yang beristikharah kepada Allah dan bermusyawarah dengan manusia”.
2. Setelah diperoleh satu atau dua hasil dari musyawarah, lakukan shalat Istikharah (silahkan lihat tata caranya berikut do’anya dalam kitab-kitab hadits). Menurut sebuah riwayat dari Anas, bahwa Nabi saw. pernah mengatakan: “Jika engkau menginginkan sebuah perkara, Istikharahlah kepada Rabb-mu sebanyak 7 kali, lalu lihatlah kepada perasaan yang muncul di hati-mu, karena kebaikan — pilihan — itu ada di dalamnya (hati)”
3. Tidak ada bacaan surah tertentu dalam shalat Istikharah.
4.Tidak ada ketentuan waktu untuk melakukan shalat Istikharah.
5. Sebenarnya shalat Istikharah cukup dilakukan聽 satu kali, tapi untuk memperoleh hasil yang maksimal dianjurkan untuk melakukannya sebanyak 7 kali, sebagaimana disebutkan pada point 1.

Leave a Reply